TIPS HADAPI ‘TOXIC FRIEND’ DI KANTOR

 Apabila kita mendapatkan rekan atau teman kantor yang tanpa sebab tiba-tiba terlihat bermuka tak nyaman, apalagi kata-katanya selalu ketus dan tak bersahabat, sebaiknya jangancepat terpengaruh dengan membalas bersikap yang setimpal. Pepatah Perancis mengatakan, ‘Tu comprandez’est tu pardonnesz‘, mengerti itu berarti memahami, . Bisa saja rekan kita ini sedang dalam kondisi tertekan, atau bisa jadi dia menganggap kita telah menjadi saingannya, sehingga bereaksi kurang ramah.

10 Differences Between Good Friends and Toxic Friends - YouTube

Artinya, setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam bekerja dan rasa kepemilikan yang beragam saat bekerja di sebuah perusahaan. Jika kita bekerja dengan orang yang toxic dengan lingkungan pekerjaannya, berikut tiga trik yang dapat dilakukan untuk menghadapinya.

  1. Jangan Terlalu diladenin

Mungkin ada sebagian dari Anda yang sudah berpikir bagaimana cara membalas teman kantor yang suka berkomentar. Namun balas dendam bukanlah hal yang sebaiknya dilakukan. Jika memang teman Anda selalu berkomentar cobalah untuk menghindari dan jangan membalas. Jika terus menerus Anda acuhkan seperti ini, teman yang tadinya suka berkomentar pun akan menjadi capek karena tidak mendapatkan respon. Ingat, Anda berada dalam lingkup kerja yang profesional.

2. Bantu Mereka Sesekali

Sebagian besar penyebab seorang karyawan bersikap tak acuh pada pekerjaannya adalah beban kerja yang tampak terlalu berat. Hal ini membuatnya sulit fokus dan akhirnya memilih masa bodoh dalam bekerja. Jadi pendekatan terbaik pada karyawan tipe ini adalah dengan membantunya melihat pekerjaannya lebih mudah. Gunakan kata-kata sederhana yang membuatnya merasa bahwa pekerjaannya tak terlalu berat.

3. Jaga Jarak.

 Untuk kondisi bebrapa kondisi teman kerja, ada baiknya kita menjaga jarak terlebih dahulu sampai kita tahu  penyebabnya. Jika telah terjawab, ada dua pillihan yang dapat diambil. Menghindar, atau langsung bertanya. Jika yang menjadikan rekan kerja yang bersikap judes itu karena iri dengan kita, sebaiknya kembalikan pada konsep diri yang sehat. Tidak ada salahnya kita tetap bersikap baik. Namun jika kejudesan dan ketidaksenangan rekan kerja tersebut karena kita tanpa senganja telah menyinggung perasannya sebaiknya kita datangi dan dengan besar hati kita meminta maaf padanya.

Itulah cara simpel untuk menghadapi teman kantor yang toxic di dalam lingkungan kerjamu. Jangan panik, kita harus bisa mengendalikan emosi dan keadaan. Buat dia berubah dengan cara yang elegan. Sudah pasti dia akan merasakan apa yang telah dilakukannya. Good luck!

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.