Passion vs Karir

Sudah menjadi keingininan setiap orang yang bekerja adalah bisa mencapai karir pekerjaan sesuai dengan passion mereka. Namun pada kenyataannya tidak semudah itu, mayoritas orang yang bingung dalam memilih antara karir atau passion mereka. Kadangkala ada orang yang mempunyai karir dan penghasilan yang bagus namun kurang bahagia karena bertentangan dengan passionnya ataupun sebaliknya. Lantas, mana yang harus dipilih? lalu bisakah kita membuat pekerjaan yang digeluti sekarang sebagai passion kita sekarang? untuk itu pada kesempatan kali ini BPR KMI akan memberikan cara bagaimana anda bisa menemukan passion dalam bekerja pada artikel di bawah ini:

1. Menmahami keinginan dan kemampuan Diri sendiri

Diantara dari kita mungkin masih belum mengetahui siapa diri kita sendiri. Coba, tanyakan pada diri anda apa yang anda inginkan. Kemampuan apa pada diri anda yang paling menonjol dan anda sukai, setelah itu galilah pontensi tersebut untuk menjadikannya pekerjaan yang sesuai dengan passion anda.

2. Mengetahui apa hobi dan kegemaran anda.

Passion berawal dari sesuatu yang anda senangi ketika anda melakukannya. Tentu saja, setiap orang memiliki banyak hal yang mereka sukai. Untuk itu untuk menemukan passion anda, saringlah beberapa hal yang anda sukai dalam daftar kecil dan kemudian carilah beberapa kantor atau perusahaan yang membutuhkan keahlian seperti hal-hal yang sesuai dengan passion anda.

3.Tidak Perlu membandingkan dengan orang lain

Kesalahan terbesar dari diri sendiri adalah terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Sebenarnya membanding diri dengan orang lain sah-sah saja asal tetap pada koridornya. Seperti anda membandingkan diri dengan orang yang lebih sukses untuk motivasi ataupun membandingkan diri kepadaorang yang dibawah anda supaya lebih bersyukur atas kehidupan yang anda miliki. Jika membandingkan diri dengan orang lain malah membuat anda menjadi down dan patah semangat, maka jangan lakukan itu.

4. Jangan dengarkan hal negative.

Sebagai makhluk sosial, anda pasti tidak akan terlepas dari komentar orang lain. Terlepas dari baik atau buruknya komentar dari orang lain, anda harus tetap fokus pada yang anda jalani. Mungkin diluar sana ada orang yang meremehkan passion anda dalam melakukan sesuatu dan bahkan kadang membuat anda menjadi ragu dengan yang anda jalani saat ini. Anda harus menghindari hal tersebut, fokus dan lakukan apa yang menjadi tujuan anda selama itu tidak merugikan orang lain dan melanggar norma yang berlaku.

5. Minta Saran pada orang terdekat

Untuk mendapatkan dan mengetahui passion yang anda miliki, tidak ada salahnya jika kita melibatkan orang-orang terdekat anda. Coba anda minta saran dan pendapat tentang apa yang harus anda lakukan untuk hidup anda pada kerabat, teman dekat dan keluarga anda. Setelah mendapat jawaban tersebut jangan terburu-buru untuk memutuskan, terkadang ada pendapat pada orang lain yang justru berlawanan dengan apa yang anda miliki pada diri anda. Anda cukup menjadikan pandangan orang tersebut sebagai catatan namun tetaplah menjadi diri sendiri dalam menjalani hidup.

Nah demikian  tips memilih pekerjaan sesuai passion yang bisa officelioI keluarga KMI untuk memulai bisnis sejak muda. Semoga artikel kali ini berguna dan menginspirasi untuk semua.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.