Kantor dan teknologi

Seiring dengan perkembangan zaman, ketergantungan akan teknologi juga sudah semakin tinggi. Berbagai aspek kehidupan banyak terbantu berkat adanya teknologi canggih sekarang ini. Tidak terkecuali dengan teknologi perkantoran, yang sangat banyak berperan untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih efisien dan efektif.

Perkembangan teknologi perkantoran mempunyai pengaruh yang positif terhadap ketenagakerjaan, prosedur kerja dan hasil kerja perkantoran itu sendiri disamping dampak negatifnya.

Berikut macam-macam perlengkapan kantor berteknologi canggih yang dapat menunjang kinerja pegawai.

1.       Word processingWord processing adalah penggunaan peralatan elektronik yang otomatis melakukan beberapa tugas dalam pembuatan dokumen ketik atau cetak.Jenis-jenis word processing di antaranya Microsoft Word, AbiWord, Kword, OpenOffice, WordStar, Lotus Word Pro, Corel Word Perfect, dan StarOffice Writer.

2.       E-mailE-mail merupakan kependekan dari electronic mail, dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik. Dinamakan dengan surat elektornik karena surat dikirim melalui media elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet. Penyedia email yang terkenal antara lain Gmail (Google Mail) dan Ymail (Yahoo Mail).

3.       Voice MailVoice mail mempunyai fungsi yang sama dengan electronic mail, yaitu untuk mengirim pesan. Hanya saja, pesan yang dikirim berupa pesan suara. Oleh karena itu, pengiriman voice mail hanya dapat dilakukan dengan perangkat telepon.

4.       Audio ConferencingAudio conferencing merupakan cara komunikasi suatu kelompok dalam rapat khususnya dalam lingkup perusahaan yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon di mana anggotanya tersebut tidak berada pada satu tempat yang sama. Audio conferencing menggunakan peralatan, seperti mikropn, pengontrol suara, dan speaker.5.       Video conferencingVideo conferencing yaitu kegiatan berdiskusi yang memanfaatkan siaran video secara langsung untuk menghubungkan kelompok diskusi lain yang berada di tempat berbeda.

Bagaimana cara menyikapi perkembangan teknologi perkantoran?. Sebagai karyawan tentu harus bisa menggunakan teknologi sebaik dan seefisien mungkin. Dan sebagai pelamar kerja, harus bisa bersaing dengan para pelamar kerja lainnya, karena kebutuhan karyawan mungkin saja akan berkurang.

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.