tips bekerja saat pandemi dan puasa

Berpuasa saat normal saja, mungkin bagi sebagian orang sudah terasa cukup berat, apalagi saat pandemi seperti sekarang. Ditambah lagi berbagai imbauan dan larangan terkait penularan virus corona tentu saja membuat beberapa momen-momen yang sudah dinanti-nantikan di setiap bulan puasa mungkin saja terpaksa untuk tidak dilakukan.

Returning to Work During the COVID-19 Pandemic: Are You Ready? - SGR Law

Apalagi buat para pekerja, yang harus tetap banting tulang, sembari berpuasa ditengah situasi dan kondisi seperti saat ini. Namun tentu saja hal tersebut harus tetap dilakukan dengan penuh rasa syukur, sabar dan ikhlas. Karena masih banyak diluar sana, pengangguran, dan orang-orang yang ingin bekerja untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menyikapi keadaan seperti diatas, agar semua tetap berjalan lancar? berikut tipsnya.

Tips yang bisa dilakukan untuk menjalani puasa selama pandemi Corona, di antaranya.

1. Agar tubuh kuat puasa, hindari makanan yang bersifat proinflamasi seperti mengandung gula tambahan dan minyak jenuh berlebihan.

2. Terapkan pola makan seimbang. Usahakan tetap menerapkan pola makan seimbang dan bervariasi selama sahur dan berbuka.

3. Jika sulit memenuhi pola makan seimbang dan bervariasi, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menambah sumplemen atau vitamin.

4.Setel musik yang upbeat
Dentuman ringan pada musik yang Anda dengarkan bisa membuat Anda terbawa vibe-nya yang menyemangati. Anda nggak perlu menyetel lagi EDM atau lagu-lagu untuk zumba juga, yang penting cukup upbeat sehingga Anda nggak kembali mengantuk. 

5. Ngobrol bareng teman di jam istirahat
Kalau biasanya jam makan siang dihabiskan dengan menyantap masakan rumah, kali ini selama puasa Anda punya waktu kosong nih. Gunakan dengan ngobrol bareng teman atau pasangan di waktu-waktu ini, baik secara virtual maupun rebahan sebentar di ruang tamu bersama keluarga. 

6. Sempatkan tidur siang
Selama berpuasa Ramadan, otomatis jam istirahat kita akan terpotong karena harus makan sahur dan terjaga sampai waktu salat subuh tiba. Sementara itu biasanya jam kerja selama Ramadan pun dimulai lebih pagi. Biar tetap berenergi dan fokus bekerja, sempatkan juga untuk tidur siang alias siesta ya di sela-sela jam istirahat makan siang Anda!

7. Selingi dengan hal-hal menyenangkan
Setiap kali Anda selesai melakukan satu to-do list harian, Anda bisa menyelinginya dengan melakukan hal-hal yang menambah semangat. Misalnya menjadwalkan buka puasa virtual bareng teman-teman lama, mencicil masak untuk menu berbuka puasa nanti, atau menyusun jadwal delivery makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Cobain deh!

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.