Mengapa stempel penting?

Stempel – Di era digital saat ini, semakin banyaknya orang bergantung dan bermigrasi dari dunia analog ke dunia digital. Dalam sekejap waktu dan telah bergerak maju dengan cepat, kadang cukup sulit untuk mengikuti.

Namun meskipun kita cenderung semakin bergantung pada gadget canggih, seperti komputer, tablet, dan smartphone, kebutuhan sehari hari di kantor atau maupun yang sedang berbisnis, peran stempel tidak boleh diabaikan.

Stempel, cap, dan meterai adalah bentuk simbolis yang merepresentasikan keberadaan atau kehadiran seseorang, pejabat atau kelompok. Wujudnya telah lama dikenal dalam sejarah manusia, sebagaimana tampak dari banyak peninggalan sejarah. Bahkan sudah ada cabang ilmu khusus yang mempelajari keberadaan stempel, cap, meterai, relief, patung, atau gambar kecil, yang disebut dengan Sigilografi.

Stempel berfungsi sebagai tanpa pengenal dari orang yang namanya tertera atau tanda tangannya tercantum dalam dokumen. Sebenarnya, dengan nama dan tanda tangan pun, kehadiran dan persetujuan seseorang bisa diketahui. Namun dengan stempel, keyakinan atas persetujuan semakin kuat.

Fungsi stempel yang terakhir adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tentunya ketika suatu dokumen sudah dibubuhi tanda tangan dan stempel, hal ini merupakan bentuk tanggung jawab dari pimpinan yang telah mengesahkannya. Apapun konsekuensi ditanggung atas nama pimpinan.

Jenis-Jenis Stempel

Terdapat 4 jenis stempel yang mungkin perlu Anda ketahui. Jenis berikut tidak memiliki perbedaan dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan. Namun hanya berbeda dalam segi ekonomisnya.

  1. Stempel Runaflek

Yang pertama adalah stempel runaflek atau biasa disebut stempel biasa / manual. Jenis stempel ini banyak diaplikasikan pada zaman dahulu. Terdapat gagang kayu dengan cap karet lengkap dengan bak tinta stempelnya, tentunya dari segi harga, stempel ini lebih ekonomis sekali.

Jenis Stempel Runaflek

Dari segi bahannya saja sudah tidak praktis, pembuatannya juga sedikit rumit. Namun pada saat ini pembuatannya sudah mengalami pembaharuan yaitu menggunakan mesin stempel runaflek. Untuk masalah warna, stempel ini hanya bisa menggunakan satu warna saja.

  1. Stempel Emboss

Yang kedua adalah stempel emboss. Jenis stempel ini cukup unik, karena pengaplikasiannya akan menjadi timbul saat dibubuhi diatas kertas. Uniknya lagi stempel satu ini tidak memerlukan tinta untuk pengecapannya.

Jenis Stempel Emboss

Stempel ini biasa digunakan pada dokumen-dokumen penting, seperti sertifikat, ijazah dan lainnya. Kelebihannya juga stempel ini sangat awet, karena terbuat dari logam. Lebih praktis dari stempel lainnya, karena tidak ada bak tintanya.

  1. Stempel Lax / Wax

Jenis stempel ketiga adalah stempel lax / wax. Mungkin Anda biasa melihat pengaplikasiannya pada film Eropa. Ketika petinggi negara menggunakan sebuah lilin dan dibakar, lalu ditetesi pada dokumen.

Jenis Stempel Lax

Setelah itu sebelum lilin dingin, maka dibubuhi stempel lak tadi diatasnya. Hasilnya akan nampak unik, seperti sebuah segel pada surat-surat berharga. Jadi ketika segel tersebut rusak, sudah dipastikan dokumen sudah pernah dibuka sebelumnya.

  1. Stempel Flash

Keempat adalah stempel flash. Stempel yang tintanya menjadi satu dengan gagang stempel ini biasa paling sering digunakan perusahaan. Bukan hanya praktis, tetapi karena harganya juga tidak terlalu mahal.

Jenis Stempel Flash

Ketika tinta stempel habis, Anda bisa langsung saja melakukan pengisian ulang. Stempel ini juga disebut sebagai stempel warna, Anda bisa custom untuk menentukan warna apa yang bagus untuk stempel perusahaan.

  1. Stempel Trodat

Jenis stempel yang terakhir adalah stempel trodat. Stempel trodat memiliki kesamaan dengan stempel flash, namun perbedaannya ada pada gagang dan tinta yang digunakan. Kata Trodat merupakan merek dagang untuk gagang (Holder) yang berasal dari Australia.

Jenis Stempel Trodat

Pada stempel trodat terdapat bantalan tinta pada area gagang, dimana saat tidak digunakan karet cap akan menempel pada bantalan tinta. Stempel trodat tersedia dalam bentuk persegi panjang, kotak dan bulat.

Mengingat pentingnya peran dan fungsi stempel, kami menyediakan stempel untuk anda, terutama stempel trodat untuk keperluan usaha maupun bisnis anda. 😀

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.