proposal usaha, penting loh!

Ketika merancang bisnis, kamu pasti membutuhkan seorang investor atau pemodal bukan? Nah kamu sudah tahu belum bagaimana mendapatkan investor atau pemodal yang ingin bergabung dalam bisnis kamu? Kalau belum tahu pas banget nih artikel ini cocok buat kamu!

Untuk kamu  yang masih belum tahu bagaimana mendapatkan investor atau pemodal, kamu bisa membuat proposal usaha. Lalu, apa sih proposal usaha itu?

Singkatnya adalah latar belakang dari bisnismu dan tujuan dari bisnismu yang nantinya dilihat oleh seorang investor atau pemodal. Jika proposal kamu menarik, maka investor atau pemodal bisa saja tertarik untuk menanamkan modal di bisnis kamu.

Jadi semakin penasaran bukan pengertian proposal usaha? Kalau begitu langsung saja deh kita bahas lebih lanjut apa itu proposal usaha dan bagaimana membuatnya agar terlihat menarik. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan proposal usaha.

Proposal Usaha

Secara pengertiannya proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang artinya mengajukan, secara bahasa proposal dapat di artikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan.

Penawaran itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain-lain.

Proposal bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan atau pemaparan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.

Maka proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oelah wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang releven. Baik itu internal maupun eksternal mengenai proyek baru, atau proposal usaha yang merupakan dokumen tertulis berisi usaha baru yang sedang direncanakan.

Sebagaimana mestinya, proposal usaha harus asli dan realistis, jika tidak pemodal atau investor akan ragu dengan proposal yang kamu ajukan. Proposal yang kamu buat tidak boleh menyalin dari proposal-proposal orang lain.

Proposal usaha meliputi sasaran dan strategi. Sasaran di sini adalah apa yang dicapai perusahaan, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.