mending sewa atau beli tempat usaha ya?

Sebagian masyarakat menilai bahwa adalah hal yang lebih baik jika kita memiliki sendiri sesuatu ketimbang kita harus menyewa karena kita harus membayar pokok dan juga bunga. Pilihan menyewa adalah pilihan yang kurang efisien karena harus membayar bunga. Ada pula yang berpendapat, dengan menyewa kita dapat mengurangi biaya yang bernilai besar yaitu kepemilikan.Lalu apakah semua yang kita butuhkan harus menjadi milik kita sendiri? apakah menyewa itu justru menjadi salah satu jalan keluar ketika perusahaan membutuhkan suatu aset namun tidak memiliki cukup dana untuk membeli atau malah enggan untuk memiliki aset tersebut.

di bagaimana Anda akan memutuskan apa yang harus dilakukan?

Mulailah dengan bisnis Anda sendiri. Apakah bisnis yang sudah matang dan berkembang? Apakah bisnis muda yang Anda harapkan untuk tetap seperti sekarang? Atau apakah Anda harapkan, jika semua berjalan dengan baik, bahwa bisnis Anda akan semakin luas secara signifikan di tahun-tahun ke depan? Cobalah untuk membangun sebuah gambar bagaimana bisnis Anda akan berjalan dalam waktu lima tahun mendatang.

Fleksibilitas

Menyewa umumnya lebih fleksibel daripada membeli, setidaknya dalam kasus sewa singkat. Jika bisnis Anda saat ini kecil tapi Anda harapkan untuk tumbuh, sewa tempat usaha mungkin pilihan yang lebih disukai.

Anda dapat mengambil sewa di tempat yang memenuhi kebutuhan ruang Anda saat ini. Setelah kebutuhan Anda meningkat, Anda dapat beralih ke sebuah bangunan yang lebih besar. Dengan bangunan industri khususnya, tren desain berubah cukup banyak dan jika bangunan yang Anda sewa menjadi usang Anda dapat pindah ke salah satu bangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini. Namun, selalu ada kemungkinan membeli sebuah bangunan yang dapat diperpanjang atau disesuaikan jika Anda membutuhkan ruang lebih di masa depan.

Beberapa jenis usaha memerlukan sejumlah besar pabrik dan peralatan di dalam gedung, dengan biaya instalasi tinggi. Ketika Anda ingin mendata pengeluaran selama bertahun-tahun, Anda tidak akan ingin berpindah tempat terlalu sering karena akan merepotkan untuk memindahkan semua peralatan. Dalam hal ini, pembelian bisa lebih masuk akal daripada menyewa. Jika Anda mengambil sewa, tentu Anda harus menyewa dalam jangka waktu yang panjang.

Kebebasan bertindak

Biasanya Anda akan memiliki lebih banyak kebebasan dalam bertindak sebagai pemilik dari pada penyewa. Anda tidak perlu mendapatkan persetujuan tuan tanah (dengan penundaan waktu dan biaya) untuk perubahan yang ingin Anda buat. Hal ini lebih mungkin bahwa Anda akan dapat memperpanjang bangunan. Anda tidak akan dihadapkan dengan ketidaknyamanan administrasi dan negosiasi, memperbaharui sewa atau berdebat kebobrokan yang harus di klaim jika Anda pindah.

Di sisi lain, banyak pembatasan yang sama akan berlaku apakah Anda menyewa atau mengontrak bangunan. Anda masih perlu untuk menjaga dan memastikan bangunan, apakah itu untuk diri sendiri atau tuan tanah. Anda masih akan dikenakan kendala eksternal yang sama, seperti kebutuhan untuk izin perencanaan ketika kesempatan muncul.

Keuntungan finansial

Masih banyak perdebatan mana yang lebih masuk akal secara finansial. Banyak bisnis yang lebih besar menganggap saat ini bahwa modal mereka lebih baik dipekerjakan dalam bisnis itu sendiri daripada jika terikat dalam properti perusahaan. Mereka mungkin cenderung untuk menyewa bangunan daripada memilikinya sendiri dan bahkan membuang bangunan yang ada melalui penjualan dan penyewaan kembali.

Jika Anda memiliki properti, Anda akan mendapatkan manfaat dari apresiasi modal dan akan memiliki aset di masa yang akan datang.

Ingat, sewa adalah kontrak yang mengikat

Jika Anda memutuskan untuk menyewa Anda harus memahami bahwa sewa adalah kontrak yang mengikat dalam hukum yang menetapkan syarat dan kondisi dari perjanjian sewa-menyewa antara pemilik dan penyewa. Dengan demikian mendefinisikan hak dan kewajiban kedua belah pihak. Oleh karena Anda tidak bisa tiba-tiba pergi dan meninggalkan sewa.

Namun, aspek-aspek tertentu dari hubungan antara tuan tanah dan penyewa juga ditentukan oleh hukum. Sebuah draft pertama dari sewa biasanya akan disusun oleh pengacara pemilik bangunan sebagai dasar untuk diskusi antara kedua belah pihak.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.