ATUR RITME KeRJA DI KANTOR

Ritme kerja dapat menjadi salah satu dinamika yang paling sulit ditangani saat berada di lingkungan kerja yang baru. Ketika terbiasa dengan rutinitas tertentu, ritme kerja bisa membuat Anda stres, apalagi jika menangani tugas-tugas pekerjaan baru.

Karena dinamika ini, Anda mungkin merasa rekan kerja bekerja lebih cepat dari yang biasa Anda lakukan. Atau, Anda memiliki lebih banyak waktu menganggur karena dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari yang lain.

THE POWER OF WORK RHYTHM - Keith Abraham

Ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan setelah mencapai ritme kerja seimbang, seperti;

  1. Kerja semakin produktif
    Dengan adanya keseimbangan, Anda dapat memanfaatkan waktu bekerja menjadi lebih produktif. Delapan jam di kantor cukup untuk melakukan pekerjaan setiap harinya. Usahakan untuk hindari lembur atau bekerja ekstra. Perlu Anda ketahui bahwa semakin lama Anda bekerja, konsentrasi Anda juga akan menurun, sehingga menurunkan produktivitas kerja. Dengan pola kerja-aktivitas-tidur yang baik, penggunaan energi akan semakin efektif sesuai dengan kebutuhan.
  2. Lebih bahagia
    Ritme bekerja akan berpengaruh sesuai dengan target atau tujuan yang ingin dicapai, loh! Jika Anda dapat mengatur ritme bekerja dengan baik, tentunya hasil akan tercapai sesuai yang diinginkan dan berdampak pada kebahagiaan diri sendiri setelah semua pekerjaan selesai. Rasa puas pada diri Anda akan memberikan dampak positif bagi tubuh. 
  3. Kreativitas meningkat
    Anda pernah merasa lelah dan penat, atau tidak memiliki waktu untuk rekreasi atau berkumpul dengan teman? Dengan memiliki hidup yang seimbang, tentu ide-ide kreatif akan bermunculan karena tidak terpaku pada pekerjaan melulu. 
  4. Hubungan yang lebih baik
    Ini adalah salah satu manfaat terpenting dalam Work Life Balance: hubungan Anda dengan orang-orang sekitar. Tidak ada gunanya jika meraih kesuksesan di tempat kerja jika saat pulang ke rumah Anda bertengkar dengan pasangan karena kurangnya waktu kebersamaan.
    Tidak ada seorangpun yang berhasil tanpa dukungan orang lain. Rekan kerja, atasan, pasangan dan anak di rumah, teman, semuanya merupakan faktor penopang kesuksesan. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik dalam menciptakan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan Anda.

Setiap karyawan memiliki kecepatan kerja yang berbeda. Menghormati kemampuan dan pendekatan lain yang digunakan karyawan akan menjadikan Anda terhormat, terutama jika Anda seorang atasan.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.