siasati duduk seharian di kantor

Sepertinya nampak tidak melelahkan. Padahal, duduk terlalu lama justru bisa bikin tulang punggung cedera. Selain itu, tubuh yang kurang gerak juga akan membuat aliran darah tak lancar bahkan mungkin bisa menyebabkan penyakit atau umur yang singkat.

Namun kini, terlihat banyak orang belajar mngenai bahayanya dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari hal tersebut. Cara ini termasuk menggunakan alat-alat di kantor seperti meja dan kursi untuk latihan, atau menyatukan lebih banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari mereka.Beberapa penelitian menyebutkan duduk seharian dalam waktu yang cukup lama berisiko membahayakan kesehatan tubuh. Sebut saja mulai dari mata lelah, sakit pundak, sakit kepala, punggung menjadi bungkuk, obesitas, hingga risiko terkena kanker, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi.

Mungkin untuk mengatasi bahayanya bisa dicoba tips berikut ini untuk tetap aktif saat bekerja:

Duduk Tegak

Tidak sedikit karyawan kantoran yang tubuhnya menjadi bungkuk karena kebiasaan buruk saat duduk sehariand i depat komputer. Ketika duduk, tetap usahakan tubuh untuk tegak. Posisi siku tidak meggangung, melainkan sejajar menumpu pada meja. Untuk menjaga posisi punggung agar tidak membungkuk, Anda bisa menaruh bantal untuk mengganjal pungung. Jadi, ketika bersandarpun tetap nyaman.

Jalan Kaki Setiap 1 Jam Sekali

Tips sehat agar duduk seharian tidak berbahaya bagi kesehatan yaitu dengan berjalan kaki setiap 1 jam sekali. Jika diperlukan, Anda pasang alarm untuk mengingatkan agar mau berdiri dan jalan kaki sebentar setiap 1 jam sekali di sela kerja Anda. Bisa dengan jalan kaki ke toilet, mampir ke pantry, jalan-jalan disekitar kantor, atau sekedar jalan di tempat. Agar kalori dalam tubuh bis aterbakar dan aliran darah mengalir lancar. Sehingga bekerja pun bisa menjadi lebih terasa nyaman.

Sejajarkan Pinggiran Atas Monitor dengan Pandangan Mata

Cek lagi posisi layar monitor Anda. Menurut Dr. Jim Sheddy, direktur Vision Performance Institute di Pacific University, posisi pungguran atas monitor harus sejajar dengan pandanganmata. Sehingga ketika bekerja, misalnya ketika mengetik, pandangan mata cukup ditundukkan 10 derajat saja. Posisi monitor yang terlalu rendah bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung. Jika posisi monitornya terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan mata kering.

Bekerja Sambil Berdiri

Jika memungkinkan, miliki meja kerja yang cukup tinggi. Ketika bekerja, Anda tidak perlu lagi duduk, melainkan berdiri. Saat ini sudah cukup umum tren standing desk atau sit-stand workstation. Dengan meja tersebut, maka kita bisa menyesuaikan kondisi kerja dengan kebutuhan. Jika sudah merasa capek duduk, maka bisa coba berdiri beberapa menit. Hal tersebut bertujuan agar aliran darah lebih lancar dan pastinya juga gar tidak mudah pegal.

Gunakan Teknik Pomodoro

Bekerja secara terus menerus tanpa istirahat bisa membuat Anda stress. Penting untuk membuat jeda istirahat di sela waktu bekerja. Ada sebuah teknik menarik yang berhubungan dengan hal ini. Namanya Teknik Pomodoro. Teknik ini merupakan teknik dimana kita bekerja selama 25 menit dengan konsentrasi penuh, kemudian diikuti dengan 5 menit istirahat. Dalam bahasa Italia Pomodoro berarti tomat. Hal ini mengacu pada timer dapur yang berbentuk tomat. Dengan metode ini, maka kita akan dipaksa untuk fokus bekerja dan bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih efektif lagi.

Dengan melakukan beberapa tips agar duduk seharian tidak berbahaya bagi kesehatan, maka kita bisa menyiasati dan mengurangi dampak buruk untuk tubuh. Selain menghabiskan waktu untuk bekerja, maka tetap usahakan untuk meluangkan waktu untuk berolahraga dan menjaga pola hidup yang sehat.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.