masih awal tahun, ayo produktif

Memang wajar ketika banyak orang kesal ketika bulan Januari tiba. Maklum, ini berarti musim liburan akhir tahun sudah berakhir dan kita semua harus kembali pada rutinitas pekerjaan. Tidak ada lagi hari libur panjang, liburan di pantai atau gunung, berpesta dengan teman, atau mendatangi pertemuan dengan kerabat dan keluarga.


Buat Checklist

Hal paling pertama yang harus dilakukan agar kita tetap bisa produktif di awal tahun adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Mulailah dengan membuat kelompok pekerjaan yang kecil, sedang, dan besar. Dari sana, pekerjaan kita akan terasa lebuh mudah. Buatlah pekerjaan yang harus dilakukan di bulan ini, di awal tahun, dan jika perlu beri beberapa deadline dalam pekerjaan tersebut sehingga kita merasa termotivasi untuk bisa terus bekerja di awal tahun.

Label Kotak Masuk Email

Saat kita masuk kerja, kotak masuk di email kita pasti sangatlah penuh. Dan hari pertama masuk adalah hari penting untuk membaca dan menyortir itu semua. Kita bisa membuat label dari email-email tersebut ke dalam kelompok: yang tidak perlu dijawab sekarang, yang harus ada jawaban di minggu ini, dan yang bisa langsung di masukkan ke tempat sampah.

Tetap konsisten dan buat jadwal harianmu.

Bullet journaling

     Kalau yang satu ini, sih, sepertinya tidak terlalu banyak orang yang mau melakukannya. I mean, siapa yang mau membuat jadwal untuk setiap hari dalam hidupmu? We ain’t got time for that.

     Tenang! Kamu tidak perlu membuat jadwal rinci untuk setiap hari, kok. Cukup jadwalkan saja, jam berapa setiap harinya kamu berkerja, belajar, dan melakukan hobimu. Dan yang paling penting, jangan lupa menjadwalkan juga waktu buatmu untuk istirahat dan refreshing. Hiburan juga penting utuk jadwalmu agar kamu tidak jenuh dan tetap konsisten dalam menjalaninya.

Tips: asumsikan waktu hiburanmu sebagai ‘hadiah’ buat kamu yang sudah melakukan target atau jadwal yang telah kamu buat untuk hari itu. Dengan begitu, kamu akan merasa semangat untuk mengerjakannya.

Jadwal akan membuat mu konsisten dengan targetmu, dan membangun karakteristik dalam dirimu yang akan merasa cemas jika tidak melakukan sesuatu yang produktif. Jadwalmu juga akan membantumu keep track dengan mimpimu, jadi luangkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk mengatur jadwal esok pagi di kalender handphone mu, atau di plannermu.

5. Jauhkan gadget pada jam kerja!

Study

     Duuh, kalau yang ini, kedengarannya susah, ya. Mengecek gadget sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, sih. Namun, kamu masih bisa mengubahnya, kok. Mulai dari mematikan notif media sosial, hingga meninggalkan hape di rumah, kamu dapat melakukan berbagai tips untuk tidak bergantung pada handphonemu di setiap saat. Buang kekhawatiranmu mengenai pesan yang masuk, atau berita yang kamu lewatkan hari itu, dan fokus pada kerjaanmu. Alih-alih menggenggam gawai, bawa buku bacaan favoritmu untuk mengisi waktu luangmu atau saat jenuh kerja.

     Seperti di poin sebelumnya, catat dalam dirimu waktu-waktu yang boleh kamu gunakan untuk mengecek handphone. Biarkan temanmu mengetahui hal ini, agar mereka mengerti untuk tidak mengganggumu pada saat tertentu.

Bernapas

Terakhir, bernapaslah. Jika Anda mengira bisa menyelesaikan semuanya secara langsung di awal minggu, tentunya Anda akan kewalahan sendiri. Karena memang wajar jika seseorang masih kurang semangat bekerja di awal tahun. Kenangan dan keasyikan berlibur memang bisa membuat kita merindu. Jadi, yang terpenting adalah dengan mengetahui apa yang akan dilakukan, apa yang harus dilakukan, dan bagaimana menyelesaikannya. Tapi, dengan tidak memaksakan diri terlalu jauh. Santai. Rileks. Selesaikan pekerjaan satu per satu.

Selamat menyongsong tahun baru!

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.