awal tahun 2021, ayo rancang jadwal kerja.

Tak  terasa sudah tahun 2021, yuk mari membuat resolusi dan jadwal baru untuk rancangan kerja setahun ke depan, simak beberapa tips untuk memulai merancang jadwal di kantor


Segera Tinggalkan Cara Lama

Masih menggunakan papan tulis untuk membuat jadwal kerja karyawan? Atau menggunakan print tabel di kertas? Atau menggunakan spreadsheet excel yang mungkin saja membuat data menjadi redundan. Dengan fitur Penjadawalan dari SmartPresence. Anda telah mendapatkan sebuah solusi lengkap untuk melacak dan menjadwalkan waktu kerja. Dari penugasan jadwal Purna Waktu atau Paruh Waktu, atau juga jadwal kerja khusus lainnya.

Tetapkan Jadwal Kerja Karyawan

Menetapkan jadwal kerja bisa menjadi tugas mudah bila karyawan anda dalam jumlah sedikit, namun bila jumlah karyawan sampai ribuan, mungkin akan menjadi cukup rumit. Agar efektif penetapan jadwal untuk karyawan melalui antar muka “Jam Kerja Pegawai”. Anda bebas memlilih master jam kerja yang telah anda buat, menetapkan tanggal berlaku, kemudian menggeser nama karyawan dari kolom kiri ke kanan. Penetapan jadwal kerja selesai. Pemilihan kolom karyawan dapat di filter sesuai data “Atribut” yang ada pada data karyawan.

Jadwal Kerja Purna Waktu, atau jadwal penuh mingguan, biasanya dengan kombinasi 6:1 atau 5:2. Merupakan jadwal tetap mingguan. Apabila ditotal dalam seminggu adalah 40 jam kerja, sesuai peraturan undang-undang tenaga kerja di Indonesia. Anda dapat set melalui menu Presensi | Jam Kerja, pastikan memilih jenis Purna Waktu. Kemudian anda dapat mengisi detail jadwal Waktu Masuk dan Keluar untuk setiap hari dalam seminggu, apabila anda ingin mengisi jam istirahat maka waktu kerja akan otomatis dikurangi waktu istirahat yang dijadwalkan tersebut.

Atur Jadwal Shift

Set Master Jadwal Shift, cara paling baik adalah memisahkan per divisi dan bagian kerja. Misalnya master jadwal shift jaga dokter IGD, dengan sub jadwal pagi, siang dan malam. Detail untuk masing-masing sub berisikan jadwal Waktu Masuk dan Keluar serta waktu istirahat jika diperlukan. Untuk update jadwal baru dilakukan dengan cara menambahkan detail baru dengan tanggal Berlaku Mulai yang ditentukan.

Menjadwalkan Shift Kerja

Setelah menetapkan karyawan dengan jadwal kerja tipe shift. Anda perlu menetapkan jadwal shift untuk masing-masing karyawan, melalui menu Data Induk | Presensi | Jadwal Shift. Memilih berdasar atribut karyawan, untuk filter data. Dilanjutkan input per tanggal pilihan jadwal shift kerja yang telah dibuat pada master.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.