Pahami ini dulu sebelum membeli printer

Printer merupakan salah satu jenis perangkat keras alias hardware yang saat ini sudah banyak sekali dibutuhkan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan pekerjaannya.

Printer sendiri sejak pertama kali ditemukan pada era tahun 80-an, dimana merupakan pengganti dari mesin tik yang sudah memiliki banyak sekali perubahan, mulai dari jenis dan juga teknologi yang digunakan.

The Best Printers for 2021 | PCMag

Pada era digital seperti ini, printer merupakan salah satu jenis perangkat keras yang sudah banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan, mulai dari keperluan pribadi hingga keperluan pekerjaan. Di tengah kebutuhan masyarakat akan printer yang terus meningkat, maka printer yang tersedia saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi yang mendukung hasil cetak terbaik dengan kecepatan cetak yang tinggi. Tak seperti dulu, printer di era sekarang sudah multifungsi dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat sehingga bisa digunakan untuk mencetak gambar, keperluan periklanan, dan lain sebagainya dengan hasil yang tajam dan bagus.

Untuk mengetahui faktor lain yang perlu dipahami sebelum membeli printer, simak ulasan Kompas.com berikut.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum memutuskan membeli printer, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda atau kantor tempat Anda bekerja. Pasalnya, spesifikasi tiap printer berbeda-beda. Misalnya, jika kebutuhan Anda hanya untuk mencetak dokumen biasa dengan jumlah yang tak terlalu banyak, printer tipe laser bisa jadi pilihan. Namun, bila membutuhkan printer yang lebih multifungsi, Anda bisa memilih all-in-one inkjet printer yang bisa digunakan untuk mencetak segala dokumen, memindai (scan), dan menyalin (copy).

2. Beli dalam kondisi baru dan resmi

Membeli printer sama saja dengan berinvestasi. Jadi, lebih baik membeli printer dalam kondisi baru dibandingkan printer bekas pakai (second). Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, membeli printer baru akan memberikan Anda jaminan produk yang lebih berkualitas. Selain itu, belilah printer di toko tepercaya agar Anda mendapatkan garansi resmi. Dengan begitu, bila printer bermasalah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk melakukan perbaikan.

3. Kualitas Cetak Printer Yang Bagus

Dalam memilih printer, anda juga harus menentukan kualitas percetakan. Di pasar printer, kini telah banyak beredar printer printer yang memiliki kualitas biasa hingga kualitas photo, biasanya untuk printer kualitas bagus memiliki seri seri “Photo / image” seperti Epson Stylus Photo R2000.

Perbedaan keduanya terletak saat mencetak dokumen atau gambar, bila pada printer seri photo hasil cetakannya lebih bagus, terkesan seperti kerapatan pixel yang sangat kecil dan tidak tampak. Sedangkan pada printer biasa, akan terasa pixel pecah yang mencolok ketika mencetak gambar yang sangat besar. Umumnya bila anda tidak membutuhkan printer seri photo, sebaiknya gunakan printer model biasa agar menghemat budget. Bila anda masih penasaran dengan produk printer seri photo dan biasa, silahkan kunjungi printer & scanner

4. Kecepatan Mencetak

Pernahkah anda menemui pelayanan percetakan? Bisnis digital printing ini sangat membutuhkan sekali kecepatan tinggi dalam mencetak, bahkan rata rata dibutuhkan percetakan dengan kecepatan yang lebih dari 50 halaman per menit-nya. Salah satu printer yang sering digunakan seperti printer multifungsi HP PageWide Enterprise, dengan kecepatan rata rata hingga 70 halaman permenit.

Sebaliknya, bila anda tidak membutuhkan kecepatan mencetak, sebaiknya point kelima dapat anda abaikan karena setiap printer memiliki standar mencetak yang hampir sama.

5. Tanyakan Ketahanan Usia Printer

Sebagai konsumen, anda juga tidak perlu malu untuk menanyakan kisaran usia tahan lamanya printer yang akan anda beli. Dikarenakan ada beberapa printer yang memang cepat rusak, kerusakan biasanya terletak pada cartridge yang tidak tahan lama dan harganya cartridge lebih mahal dari printer itu sendiri.

Lebih baik, konsultasilah terlebih dahulu kepada customer service atau penjual yang berpengalaman terhadap feedback dari penjualannya. 

6. Perhatikan Layanan Dari Sales

Sales atau seorang yang melayani pembelian anda, seharusnya anda harus berhati hati pada sales yang menjual barang saja dan tidak menerima berbagai komplain semenjak barang diterima. Bagi anda yang ingin membeli printer, sebaiknya kenali toko terlebih dahulu dan lihat penawaran lebih yang diberikan kepada anda.

Banyak sekali memang penjelasan untuk memilih printer untuk kantor, tentunya tidak semua penjelasan harus anda masukan dalam kriteria pembelian printer anda nantinya. Semoga dengan semua pertimbangan yang ada pada panduan membeli printer untuk dirumah, diharapkan mampu membantu anda dalam memilih printer yang sesuai dengan penggunaan anda dirumah nantinya.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.