HAL MENARIK SEPUTAR KERTAS

Akhir-akhir ini banyak kejadian seputar kehidupan yang dihubung-hubungkan dengan perkembangan teknologi. Mulai dari istilah industrial 4.0 hingga education 21st century. Semua itu adalah akibat dari kemajuan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan hidup manusia.

Sejak era industrialisai mendunia terutama perkembangan teknologi dan menjadi bagian dari kehidupan, kini posisi kertas mulai tergeser. Lahirnya istilah ”e-book” membuat kertas tak lagi banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu, kini banyak bentuk dari elektronik dokumen yang berhasil menggantikan kertas sebagai bentuk konkrit dari sebuah dokumen.

Tetapi, seorang penulis ternama bernama Benedict Anderson mengemukakan pendapat lain. Menurutnya, buku kertas lebih menawarkan sensasi yang unik dibandingkan buku elektronik. Dia mengatakan buku-buku elektronik bisa menghilangkan kesan keacakan sekaligus keberuntungan, “Tak ada kejutan, afeksi dan skeptisisme,” kata Anderson.

Kehadiran kertas ternyata memberi pengaruh yang luar biasa terhadap peradaban umat manusia. Seiring berjalannya waktu penggunaan kertas pun mengalami perubahan dan lebih inovatif. Meski pada awalnya kertas sebatas media untuk menulis, tetapi kini berbagai bidang kehidupan sudah memanfaatkan kertas lebih dari itu.

origami

Berikut ini merupakan beberapa bentuk pemanfaatan kertas oleh umat manusia saat ini.

  1. Media tulis. Manfaat ini adalah yang paling umum dijumpai saat ini terbukti dengan adanya buku tulis dan catatan.
  2. Media Cetak. Kertas juga dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan bacaan bagi manusia seperti dengan mencetak koran, majalah, tabloid, skripsi, novel, komik, dan buku bacaan.
  3. Media Edukasi. Pemanfaatan kertas juga paling banyak digunakan sebagai media edukasi di pusat pendidikan seperti sekolah dan universitas. Contohnya adalah buku pelajaran dan materi seminar.
  4. Bahan Mainan. Lahirnya bidang baru seperti origami juga menambah manfaat kertas, yaitu dibuat sebagai bahan membuat perahu kertas, pesawat, dan bunga.
  5. Persuratan. Dewasa ini tanda bukti yang dikenal dengan istilah hitam di atas putih sangat dibutuhkan untuk kegiatan persuratan seperti surat menyurat, nota pembayaran, struk belanja, piagam, dan sertifikat.
  6. Alat Pembungkus. Kertas juga digunakan sebagai bahan pembungkus mulai dari pembungkus buku, makanan, kado, hingga kebutuhan lainnya.
  7. Bahan Sedotan. Inovasi menghadirkan cara baru untuk mencintai alam yaitu mengganti sedotan yang berbahan plastik dengan kertas, karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan.
  8. Hiasan Dinding. Ada banyak sekali dinding yang berbahan baku kertas seperti walpaper, kalender, dan foto.
  9. Bahan Pelindung. Saat ini kertas juga sudah dicetak dalam bentuk yang tebal, sehingga memungkinkan untuk dijadikan sebagai bahan pelindung seperti kardus yang dipakai untuk mengirim barang.
  10. Media Pemasaran. Teksturnya yang ringan dan mudah dibawa membuat kertas cocok untuk dijadikan sebagai media pemasaran seperti membuat brosur, pamflet, dan booklet.
Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.