cara memilih kertas yang cocok

Pertama-tama, kami akan membagikan tips atau poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih kertas print dan fotokopi. Perhatikan penjelasan di bawah ini sebelum membeli.

Pilih kertas berdasarkan jenisnya

Secara garis besar, kertas terdiri dari dua jenis, yaitu kertas fotokopi dan kertas print untuk keperluan cetak di printer. Berikut akan kami jelaskan perbedaannya. 

Kertas fotokopi, harganya terjangkau dan serbaguna

Kertas ini adalah kertas uncoated yang permukaanya tidak dilapisi dan direkomendasikan untuk mencetak teks biasa atau fotokopi. Jenis ini dapat digunakan pada printer jenis printer inkjet ataupun printer laser. Karena harganya tergolong murah, kertas ini biasa digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang besar.

Kertas fotokopi dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu kertas biasa, kertas berkualitas tinggi, dan kertas daur ulang. Kertas biasa adalah kertas yang paling banyak digunakan dan harganya paling murah, ideal untuk sehari-hari. Kertas berkualitas tinggi merupakan kertas yang biasanya dipakai untuk mencetak kartu nama. Hasil cetakan dari kertas ini begitu bagus sehingga cocok untuk mencetak dokumen.

Sementara itu, kertas daur ulang adalah kertas yang menggunakan kembali kertas bekas sebagai bahan baku, misalnya koran atau majalah bekas. Kertas ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan produk yang ramah lingkungan. Jika ingin mencetak foto di kertas daur ulang, pilihlah kertas daur ulang berkualitas tinggi dan tambahkan laminasi agar hasilnya bagus.

Kertas print, menghasilkan cetakan gambar dan foto dengan kualitas tinggi

Bagi Anda yang ingin mencetak foto atau gambar dengan hasil yang memuaskan, kami merekomendasikan kertas ini. Kertas print merupakan kertas coated yang telah mengalami proses pelapisan. Meskipun harganya lebih mahal daripada kertas fotokopi, jenis ini dapat mencetak gambar hingga bagian detail.

Kertas print terbagi menjadi dua, yaitu kertas glossy dan kertas matte. Apabila Anda ingin hasil cetakan yang tampak mengilat dan mewah, pilihlah kertas glossy. Di sisi lain, jika ingin hasil cetakan tampak lebih kalem dan tanpa kilat, kertas matte adalah jawabannya.

Namun, perlu diingat bahwa kertas jenis ini tidak bisa digunakan pada printer laser. Selain itu, karena kertas ini memiliki dua sisi berbeda, berhati-hatilah agar tidak salah saat memasukkannya ke dalam printer.

Cek berat dan ketebalan kertas

Cek berat dan ketebalan kertas

Kertas print dan fotokopi memiliki ketebalan yang beragam. Anda dapat menyesuaikan ketebalan kertas sesuai dengan kebutuhan. Kertas yang tipis biasa digunakan untuk pamflet, sedangkan kertas yang lebih tebal untuk mencetak dokumen dengan hasil yang berkualitas.

Satuan untuk berat kertas (gramatur) adalah gram per meter persegi atau gsm (gram per square meter). Ukuran ketebalan kertas adalah mm (milimeter). Makin besar angkanya, makin berat dan tebal pula kertas tersebut.

Gramasi, kertas fotokopi yang di sarankan untuk pengunaan sehari-hari adalah 65 gsm dengan ketebalan 0,09 mm. Sementara itu, kertas yang bagus untuk dijadikan cover buku atau poster adalah yang berukuran 100 gsm dengan ketebalan 0,12 mm atau lebih.

Untuk hasil cetakan yang maksimal, pilih kertas dengan tingkat keputihan 90 %

Apabila Anda ingin hasil cetakan tampak lebih bagus, pilih kertas dengan tingkat keputihan yang tinggi. Tingkat keputihan kertas ditulis dengan nilai 0–100%. Makin tinggi nilainya, makin putih pula kertas tersebut.

Warna cetakan akan tampak lebih nyata jika Anda memilih kertas dengan tingkat keputihan 90% atau lebih. Bagi Anda yang lebih sering mencetak tulisan tanpa warna, Anda mungkin tak perlu mempertimbangkan tingkat keputihan kertas. Namun, untuk Anda yang sering mencetak gambar atau foto, perhatikan poin ini, ya!
Jika Anda ingin mencetak foto dengan kualitas tinggi, gunakan kertas foto. Kertas foto yang berkualitas sangat bagus untuk mencetak berbagai jenis foto, bahkan yang memakai teknik silver halide sekalipun. Selain itu, gunakan juga printer khusus foto. Apabila Anda mencetak foto dengan printer biasa, kertas sebagus apa pun tidak akan menghasilkan foto yang memuaskan.

Pastikan kertas sesuai dengan kualifikasi printer

Printing documents from your computer to your printer in the Office background

Terakhir, jangan lupa untuk memastikan kertas sesuai dengan printer Anda. Hal ini dikarenakan ada beberapa produk kertas yang hanya bisa digunakan di printer jenis tertentu saja.

Berhati-hatilah bagi Anda pengguna printer laser. Jika Anda salah memakai kertas, misalnya kertas khusus printer inkjet, lapisan di permukaan kertas dapat meleleh. Selain hasil cetakan tidak akan sesuai keinginan, toner tidak bisa lagi bekerja seperti sebagaimana harusnya. hasilnya, printer laser Anda tidak akan bisa mencetak sama sekali. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan Anda mengingat poin ini.

Tagged , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.